SCI : Berikan Kesempatan Kepada Content Provider Lokal

Jakarat-(6/12) Content lokal harus didukung dan diberikan kesempatan karena berpotensi untuk berkembang dengan baik namun harus mengkuti aturan yang ada karena sempat memiliki masa lalu yang kelam.

Penyedia konten tetap mempunyai prospek bagus sepanjang bertransformasi dengan baik, semisal mempunyai platform content yang inovatif, tidak melulu hanya sifat premiumnya seperti SMS premium.

Contohnya, konten video kreatif atau layanan-layanan konten interaktif lainnya yang bisa dinikmati lewat fasilitas direct carrier billing (DCB).DCB adalah metode pembayaran online yang memungkinkan pengguna untuk melakukan pembelian dengan menagih pembayaran ke tagihan atau memotong pulsa ponsel.


Ke depan sebaiknya perlu dipertimbangkan pembentukan satu Managing Content provider (MCP) yang sifatnya nirlaba, yang menjadi jembatan antara perusahaan telekomunikasi dengan para content provider, sehingga proses bisnisnya jadi lebih baik.


MCP ini juga bisa bertindak sebagai self regulatory terhadap pemenuhan kewajiban yang ditetapkan regulator dan operator kepada CP.MCP juga bisa menjadi katalisator dalam memberikan posisi yang adil antara CP dan OTT. CP dan operator harus tumbuh bersama dalam memonetize sumber daya industri dengan baik sebagai pemain nasional di industri..


Para operator seluler diminta untuk memberi kesempatan yang sama kepada pemain lokal dalam mengembangkan industri content provider (CP) dan value added service (VAS). Perlu keadilan dan fairness kepada semua pemain. Tidak boleh lagi ada peminggiran terhadap industri dalam negeri.
Value Added Services (VAS atau layanan nilai tambah) atau kadang juga dinamakan Layanan Konten. Pemberian nama layanan nilai tambah dimaksudkan karena layanan ini melengkapi layanan berbasis jaringan telekomunikasi yang telah ada. Tentu saja, penghasilan operator terbesar masih berasal dari percakapan telepon, kemudian SMS, Internet dan baru kemudian pendapatan dari layanan Konten atau nilai tambah.


Layanan konten yang populer pada saat ini adalah konten yang berhubungan dengan musik atau nada (tone), yaitu Ringtone (RT), Ring Back Tone (RBT), dan Background Music (BGM). Ringtone adalah musik/nada yang terdengar oleh kita waktu kita menerima panggilan telepon. Ringtone kita pilih sendiri dari daftar yang telah ada di ponsel yang kita beli atau kita bisa melakukan download ringtone dari penjual ringtone maupun download dari internet.


Penyedia atau pembuat musik/nada dengan format RT, RBT atau Background Music dinamakan Content Provider (CP atau penyedia konten). CP adalah perusahaan yang bekerja mengubah musik para artis atau nada/bunyi yang menarik dari format CD/kaset ke dalam format RT atau RBT dan memberi kode RBT sebagai ID (identifikasi) yang menjadi acuan bagi kita dalam men-download lagu/nada RBT dari operator. Di dalam bisnis ini, perusahaan CP bekerja sama dengan para operator seluler dengan sistem bagi hasil download RBT dari para penggunanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *