Facebook Nyalakan Fitur Safety Check untuk Korban Banjir di Jakarta

Tahun 2020 diawali dengan guyuran hujan lebat yang menyebabkan banjir di beberapa titik wilayah di Jabodetabek. Bencana ini mengakibatkan korban jiwa hingga ribuan orang terpaksa mengungsi.

Jika kamu adalah salah satu korban banjir di Jabodetabek, kamu bisa memanfaatkan fitur Safety Check atau Pemeriksaan Keselamatan yang baru saja diaktifkan oleh Facebook. Fitur ini bisa dimanfaatkan pengguna untuk menginformasikan kondisi mereka dalam keadaan selamat atau tidak terdampak banjir, serta memeriksa kondisi orang lain, teman, atau keluarga.Selain itu, Safety Check Facebook juga bisa dimanfaatkan untuk meminta bantuan kepada sesama pengguna, baik di sekitar lokasi bencana, maupun di wilayah lainnya. Dari pantauan kumparan, Facebook telah mengaktifkan fitur Safety Check dan membuat halaman khusus Pusat Informasi Krisis dengan judul ‘The Flooding Across Jakarta Metropolitan Area, Indonesia’.

Lalu bagaimana cara untuk menginformasikan keadaanmu lewat fitur Crisis Response Facebook? Jika kamu pernah menandai basis tempat tinggal di area Jabodetabek, Facebook akan secara otomatis menampilkan pilihan ‘Saya Selamat’ atau ‘Saya Tidak Terdampak’.

Kamu juga bisa memanfaatkan fitur ini untuk menanyakan kabar teman dengan cara klik ‘Apakah Selamat’ di samping nama orang itu. Setelah menanyakan keselamatan teman, dia akan menerima notifikasi dan bisa menandai dirinya sebagai selamat.Cara berdonasiJika kamu memilih opsi ‘Saya Selamat’, kamu akan ditawarkan opsi untuk meminta atau menawarkan bala bantuan. Kalau kamu butuh bantuan, pilih opsi ‘Ask for help’ dan pilih kategori bantuan apa yang kamu butuhkan.Akan muncul daftar bantuan yang sudah tersedia. Jika ada, kamu bisa tinggalkan komentar di postingan tersebut atau kirimkan pesan kepada pembuat postingan agar bisa terhubung dengannya. Atau, kamu juga bisa membuat postingan baru jika tidak bisa menemukan bantuan yang kamu butuhkan.

Di halaman Safety Check itu, pengguna Facebook juga bisa menawarkan bantuan untuk korban bencana. Ada beberapa pilihan kategori bantuan, seperti perlindungan, air, makanan, pakaian, transportasi, dan lainnya. Kemudian ada jumlah orang yang bisa diisi untuk menentukan banyaknya bantuan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *