Google Tandai Banjir Jakarta Sebagai Keadaan Darurat ‘SOS’

Sejumlah wilayah di Jakarta dan sekitarnya sedang digenangi banjir dengan ketinggian yang bervariasi. Banjir yang melanda Jabodetabek sudah terjadi sejak Rabu (1/1), karena intensitas hujan yang tinggi belakangan ini.

Bencana banjir ini pun ditandai Google sebagai keadaan darurat, sehingga mereka pun menghadirkan fitur SOS Alert. Ketika pengguna memasukkan keyword atau kata kunci “banjir”, “banjir Jakarta”, dan “Jakarta Floods” akan muncul fitur SOS Alert.Dari halaman dukungan Google, fitur SOS Alert hadir ketika terjadi krisis yang disebabkan beberapa faktor, seperti konektivitas internet di area yang terkena dampak, ketersediaan konten resmi dari pemerintah, dan organisasi yang berwenang lainnya, serta dampak yang ditimbulkan. “Pemberitahuan SOS bertujuan untuk mempermudah akses terhadap informasi darurat saat terjadi krisis yang disebabkan oleh manusia atau alam. Kami mengumpulkan konten yang relevan dan otoritatif dari web, media sosial, dan produk Google, lalu menyorot informasi tersebut di Google Penelusuran, seperti Penelusuran dan Maps,” tulis Google.

Fitur SOS Alert menghadirkan pencarian informasi atau berita terbaru yang berhubungan dengan bencana banjir di Jakarta. Selain itu, ada juga informasi nomor telepon dan situs darurat, peta, terjemahan frasa yang berguna, peluang donasi, dan sebagainya.

Ketika pengguna memanfaatkan fitur SOS Alert di Google Maps, akan ditampilkan sejumlah jalan yang ditutup akibat banjir dan daerah mana saja yang masih tergenang. Pengguna juga bisa membagikan lokasi terkini secara real-time hingga tiga hari ke depan ke media sosial atau aplikasi pesan, seperti WhatsApp.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *