SCI : Say No to BM

Tiga kementerian yang telah menginiasi terbitnya Aturan registrasi nomor International Mobile Equipment Identity (IMEI) bakal menggencarkan sosialisasi aturan tersebut kepada para pedagang dan konsumen. Sebab, regulasi akan berlaku efektif pada lima bulan mendatang atau pada 18 April 2020.

Oleh karena itu Sobat Cyber Indonesia bekerja sama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia,mengadakan Campaign aturan IMEI kepada masyarakat.yang akan diadakan dari bulan januari hingga bulan maret 2020.

Campaign ini diadakan secara offline dan online,kegiatan offline akan diadakan di pusat-pusat keramaian sedangakan online akan dilakukan melalui media sosial dengan #SAYNOTOBM.

Untuk mengikuti Campaign online, kawan-kawan bisa mengakses www.saynotobm.sobatcyber.id,melakukan registrasi lalu pilih frame selfie yg kawan-kawan inginkan. Lalu lakukan selfie dan upload ke instagram dengan mention lima teman kamu akun instagram Sdppi dan sobat cyber indonesia serta menggunakan #saynotobm. banyak hadiah menarik disetiap yang akan diberikan untuk para pemenang yg dipilih oleh juri
Pemerintah memastikan aturan International Mobile Equipment Identity (IMEI) berlaku efektif 18 April 2020.

Setelah aturan ini berlaku ponsel black market atau masuk Indonesia tanpa jalur formal akan tidak bisa digunakan lagi.

Setelah tanggal ini, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) akan memerintahkan operator seluler untuk memutus jaringan telekomunikasi dan data ponsel dari black market. Jadi ponsel yang tak terdaftar hanya akan bisa digunakan untuk foto-foto saja.

Melalui IMEI, pemerintah dapat melakukan pengawasan perangkat telekomunikasi di pasar untuk melindungi konsumen dari perangkat telekomunikasi yang tidak sesuai ketentuan yang berlaku. Selain itu, IMEI juga akan memastikan perangkat yang digunakan sudah melalui proses bea dan cukai.

Salah satu kebijakan yang mengatur adalah Peraturan Menteri Kominfo Nomor 11 Tahun 2019 Tentang Mekanisme dan Tata Kelola IMEI.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *