Potensi Palapa Ring Untuk Meningkatkan Ekonomi Indonesia di Tengah Covid-19

Dunia digital sangat berperan penting dalam kehidupan ditengah pandemi Covid-19 seperti saat ini. Hampir seluruh sektor kehidupan saat ini mengalami permasalahan akibat dampak pandemi yang sudah menyerang seluruh dunia, dengan itu berbagai kebijakan diambil oleh pemerintah untuk mengatasinya diantaranya bekerja dari rumah dan belajar dirumah. Semua itu akan berjalan apabila wilayah tersebut didukung oleh jaringan internet dan fasilitas digital lainnya.


Untuk masyarakat yang berada di wilayah Jabodetabek mungkin akan terasa mudah karena memiliki berbagai fasilitas yang mendukung, lalu bagaimana dengan nasib yang berada di wilayah 3T?


Saat ini pemerintah sudah mengembangkan proyek Palapa Ring yaitu proyek pembangunan serat optik yang menjangkau kota/kabupaten seluruh Indonesia. sejak 2015 memulai proyek Palapa Ring dengan menghubungkan jaringan serat optik seluruh Indonesia. Jaringan serat optik ini lah yang meruapakan jaringan terbaik untuk menyediakan layanan internet cepat. Ujar Anang Latif, Dirut BAKTI Kominfo.


Jaringan Palapa Ring ini lah digunakan untuk memfasilitasi jaringan internet di wilayah 3T untuk menghubungkan dengan wilayah lain yang sebelumnya sudah terlayani oleh jaringan serat optik. Selama work from home seperti saat ini, terjadi kenaikan traffic sebesar 20% di wilayah 3T karena hampir semua aktivitas beralih ke dunia digital. Tambah Anang Latif.

Seperti yang dijabarkan Edy Satria selaku Asisten Deputi Telematika dan Utilitas Kemenko Perrekonomian, dalam Webinar yang diselenggarakan melalui chanel Youtube Sobat Cyber Indonesia Official, bahwa disaat pandemi, terjadi peningkatan kebutuhan aplikasi dari berbagai sektor seperti E-Government, E-Commerce, E-Health, E-Logistics, E-Education, Fintech, On Demand Service, IoT. Dan aplikasi lainnya.


Pertumbuhan E-Commerce selama bulan Februari-Maret terjadi peningkatan diberbagai wilayah Indonesia. Diharapkan dengan fasilitas Palapa Ring yang sudah dibangun, juga dapat meningkatkan ekonomi di daerah lain. Lanjut Edy Satria.
Arki Rifazka, Direktur Eksekutif MASTEL, menyebutkan tertdapat berbagai kontribusi operator yang merupakan penyedia layanan kepada masyarakat selama pandemi. Dengan adanya kontribusi tersebut, menunjukan bahwa terdapat gotong royong antara pemerintah dan swasta selaku masyarakat menghadapi Covid untuk saling menguatkan.


Ketersediaan broadband Palapa Ring diharapkan dapat dimaksimalkan untuk perekonomian, terutama di unserved area yang masih minim fasilitas internet cepat. Sehingga dengan rampungnya Palapa Ring yang sudah bisa dinikmati wilayah 3T sejak bulan oktober lalu, sangat membantu kehidupan masyarakat dalam menjalani kehidupannya, termasuk menggerakan ekonomi ditengah pandemi. (YSN)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *